Construction Fun Day, Mengedukasi dan Tingkatkan Kualitas Konstruksi
21 March 2019
#Berita

Jakarta: Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) menyelenggarakan Construction Fun Day 2019 pada Minggu, 17 Maret. Diharapkan melalui acara ini dapat mengedukasi masyarakat mengenai proses pembangunan konstruksi.
 
"Dan tentu saja mengajak masyarakat untuk mengetahui bagaimana proses pembangunan konstruksi, mulai dari awal hingga selesai," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin, yang ditemui pada acara Construction Fun Day, di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu, 17 Maret 2019.
 
Acara yang merupakan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-60 Gapensi dan termasuk dalam rangkaian Musyawarah Nasional (Munas) Gapensi ke-14 itu dihadiri Ketua Umum Gapensi Iskandar Zulkarnain Hartawi, Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Ruslan Rivai, stakeholder bidang konstruksi, dan berbagai lapisan masyarakat. 

Construction Fun Day 2019 diisi berbagai kegiatan. Acara dibuka dengan Construction Fun Run 5K, Construction Warrior, Lego Competition Building, Photography Contest, dan Construction Exhibition.
 
Construction Warrior mendapat perhatian khusus dari Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin. Acara tersebut melombakan keterampilan pekerja konstruksi dalam menyelesaikan tantangan membangun konstruksi bangunan sederhana, mengecat, hingga memasang keramik.
 
Dari pengamatannya, Syarif menilai masih ada kekurangan. Para peserta hanya mengandalkan kecepatan.
 
"Masih banyak yang hasilnya belum memenuhi kriteria konstruksi. Tentu saja ini menjadi bagian dari penilaian. Tukang-tukang diharapkan bisa belajar melalui kompetisi ini," kata Syarif.
 
Akan Rutin Diselenggarakan
 
Construction Fun Day selain bertujuan untuk mengenalkan dunia konstruksi kepada masyarakat, juga untuk menegaskan dukungan Gapensi terhadap pemerintah dalam pelaksanaan program pekerja bersertifikasi.
 
Lantaran manfaatnya yang besar, Construction Fun Day akan diselenggarakan rutin. “Acara ini akan rutin dilakukan setiap tahun,” kata Ketua Gapensi Iskandar Zulkarnain Hartawi.

Diharapkan, penyelenggaraan Construction Fun Day dapat meningkatkan kualitas konstruksi dan pekerjanya.
 
"Seperti kata Pak Dirjen tadi, kita ingin menciptakan tenaga terampil. Jadi, seluruh tenaga harus bersertifikat. Dan acara ini akan kita lanjutkan ke depan," ucap Iskandar.
(ROS)

 

Artikel ini telah terbit di medcom.id, 17 Maret 2019 14:12