Tukang.com Komitmen Kembangkan UKM
26 August 2019
#Berita

Jakarta - CEO tukang.com Aziz Hartanto mengatakan berkomitmen untuk kembangkan usaha kecil menengah (UKM) dengan menggandeng sejumlah pelaku bidang kosntruksi sebagai mitra.

"Tukang.com bertujuan untuk mengembangkan UKM dengan mempertemukan penyedia jasa konstruksi dan pemilik properti," ujar Aziz Hartanto dalam seminar Digitalisasi Bisnis bertema "Ready for Future Now" di Jakarta, Rabu (14/8).

Ia menambahkan pihaknya menjamin profesionalisme yang tergabung dalam mitra tukang.com. Tentunya, bidang pekerjaan yang diambil sudah sesuai keahliannya."Kami melakukan penyaringan yang cukup ketat terhadap calon mitra untuk menjamin kualitas," ucap dia.

Ia mengemukakan, jasa pengerjaan di tukang.com antara lain pemasangan dan perbaikan AC, atap, kolam, kusen, las, ledeng, listrik, plafon dan lainnya. Lahir pada 2015 lalu, tukang.com kini sudah memfasilitasi hampir 1.900 orang pekerja sektor informal dengan puluhan bidang yang bisa dikerjakan di wilayah Jabodetabek."Ke depan, tukang.com akan melayani sejumlah kota lainnya sehingga turut berkontribusi dalam mengembangkan UKM di Indonesia," ucap Aziz.

Saat ini, lanjut dia, nilai valuasi tukang.com masih di bawah 10 juta dolar AS. Namun, ia optimistis nilai itu akan terus meningkat seiring dengan perkembangan dunia digital di Indonesia yang terus berkembang.

Dengan konsep yang cukup baik, sustainable dan produknya cukup dibutuhkan masyarakat, perusahaan rintisan (startup) tukang.com pun berpotensi mendapat kucuran dana dari investor. Namun, Aziz mengatakan pihaknya tetap akan selektif dalam menerima pendanaan investor. 

"Investor memang belum banyak, kami cukup selektif dengan investor yang memiliki visi sama dengan kami, yakni untuk bangun UKM di Indonesia. Investor ki relatif masihkah kecil-kecil, kita menyebutnua angel investor," ujar dia. Mohar/Ant

 

Artikel ini telah terbit di neraca.co.id dengan judul Tukang.com Komitmen Kembangkan UKM