Mengenal Bentuk Dapur Rumahmu
03 February 2019
#Tips

Dapur merupakan ruang penting dalam rumah. Keberadaannya dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pangan ke pemilik rumah, dengan kata lain tempat untuk mempersiapkan segala bentuk masakan / makanan dan minuman untuk disajikan ke setiap penghuni rumah . Selain itu mendesain layout dapur tidak bisa sembarang memposisikan tapi ada kunci segitiga yang menjadi hal penting agar pergerakan kegiatan di dalam dapur lebih terorganisir dengan baik.

Konsep segitiga ini mengatur setiap aliran pergerakan proses dari mulai menyimpan (storage), mencuci (cleaning), menyiapkan (cooking). Proses ini akan terus berhubungan dan berurutan. Jarak antar area minimal 1,2 meter agar pergerakan kaki dan tangan dapat menjangkau dan lebih efisien untuk waktu persiapan memasaknya.

Setelah mengetahui kuncian konsep segitiga ini, baru dapat anda terapkan ke dalam bentuk dapur anda. Adapun bentuk-bentuk denah dapur yang sering kita jumpai antara lain :

1. Bentuk L shaped

Bentuk L ini bisa diterapkan untuk area dapur yang tidak terlalu luas dan cukup simpel.

 

2. Bentuk U shaped

Bentuk U ini cocok untuk ruang yang cukup luas dan menguntungkannya bentuk ini bisa menyimpan banyak barang keperluan dapur. Dan lebih bisa diexplore untuk bentuk desain dan gaya nya.

 

3. Bentuk G shaped

Bentuk G shaped hampir sama dengan U shaped hanya saja ada bagian dimana area cleaning berada di area sudut.

 

4. Bentuk I shaped

Bentuk I shaped atau single straight adalah bentuk dapur paling simpel dan biasanya ini untuk desain simpel minimalis dan area terbatas. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk area luas dengan adanya tambahan island sebagai aksen.

 

5. Bentuk Gang / koridor

Bentuk dapur ini seperti gang dan memang biasanya agak monoton apabila ruangannya tidak terlalu lebar. Sedangkan apabila lebar bisa juga ada tambahan aksen island diantaranya.

 

Sudah tau kan sekarang macam – macam bentuk dapur dan mana yang cocok dengan rumahmu?

 

Jika ingin merubah dapurmu, Tukang.com dengan senang hati bisa membantu. Pilih renovasi, ya. Nantinya mitra kami akan datang untuk mensurvei dapurmu untuk dibuatkan anggarannya.