Ingin Membeli AC? Baca Ini Dulu, Yuk!
30 August 2019
#Tips

Dengan banyak sekali AC yang beredar di pasaran serta istilah-istilah rumit yang ditawarkan tiap merek, hal tersebut kadang membuat bingung para pembeli. Alhasil, banyak orang yang tidak benar-benar memahami semua hal tersebut berakhir membeli produk yang tidak mereka mengerti. Jika kamu ingin membeli AC dalam waktu dekat, sebaiknya perhatikan hal berikut:

 

1. Sesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan

Cara memilih AC yang tepat adalah menyesuaikan ukuran PK AC dengan luas ruangan yang akan ditempati. Ukuran PK disesuaikan dengan luas ruangan agar suhu dingin dari AC dapat menyebar secara merata.

Berikut adalah rumus yang bisa kamu gunakan untuk menentukan PK yang sesuai dengan ruangan:

Panjang ruangan (m) x lebar ruangan (m) x tinggi ruangan/3 (m) x 500

Setelah itu cocokan hasil perhitungan kamu dengan angka di bawah ini:

5.000 BTU/h gunakan AC berukuran ½ PK

7.000 BTU/h gunakan AC berukuran ¾ PK

9.000 BTU/h gunakan AC berukuran 1 PK

12.000 BTU/h gunakan AC berukuran 1 ½ PK

18.000 BTU/h gunakan AC berukuran 2 P1/2 PK

BTU sendiri merupakan singkatan dari British Thermal Unit, yang menggambarkan seberapa besar kemampuan pendingin ruangan untuk mengurangi panas dalam suatu ukuran ruangan tertentu dalam kurun waktu satu jam.

 

2. Pilih AC yang sesuai

Terdapat beberapa jenis AC yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu. Jenis-jenis AC tersebut adalah AC split, AC cassete, atau AC standing floor. Namun, untuk penggunaan di rumah kamu bisa menggunakan AC split dan cassete, tergantung ruangannya. Meski begitu, AC split saat ini jadi yang umum digunakan.

Berbeda dengan tipe inverter dimana AC inverter akan bekerja amat keras di tarikan awal untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Pada saat suhu ruangan sudah mencapai suhu yang disetel di remote maka AC inverter akan mengurangi kinerjanya sehingga penggunaan watt akan relatif lebih rendah. Tipe inverter menggunakan watt yang amat besar untuk tarikan awal lalu penggunaan watt akan relatif rendah pada saat ruangan sudah dingin.

Berikut adalah cara mudah memilih tipe AC

Rumah anda memiliki daya listrik pas pasan -> Gunakan AC Low Watt

Pintu ruangan AC anda sering dibuka tutup -> Gunakan AC Standard atau Low Watt

AC anda sering dimatinyalakan -> Gunakan AC Standard atau Low Watt

AC anda hanya bekerja untuk waktu pendek (2-3 jam sekali pakai) -> Gunakan AC Standard atau Low Watt

AC anda nyala dalam kondisi lama (6 jam+) di ruangan yang tidak buka tutup (contoh di ruang tidur) -> Gunakan AC Inverter

 

3. Perhatikan tipe AC

Tipe Split AC saat ini bisa dibagi menjadi 3 tipe yaitu Standard, Low Watt dan Inverter. Tipe Low Watt secara pengertian adalah tipe Standard yang penggunaan daya pada kompressornya dikurangi supaya irit listrik. Tipe low watt cocok digunakan untuk rumah yang memiliki daya listrik kecil. Secara konsep cara kerja tipe low watt dan tipe standard sama.

 

4. Perhatikan fitur yang terdapat pada AC

Ada baiknya kamu baca mengenai fitur-fitur penting yang ada pada pendingin ruangan. Apakah sudah ada fitur terkini, seperti rendah konsumsi daya, mode otomatis dan lainnya.

Gunakan lah fitur tersebut sebaik mungkin, karena percuma saja jika kamu sudah membeli AC dengan teknologi terkini, namun kamu tidak memanfaatkannya.

 

5. Sesuaikan budget

Sebelum membeli AC sebaiknya Anda menghitung dulu budget yang kamu miliki. Jika dana yang kamu punya belum cukup untuk membeli AC dari merk dan tipe yang diinginkan, maka sebaiknya pertimbangkan untuk membeli merk AC lain yang lebih murah.

Meskipun mencari AC yang murah, tapi jangan tergiur dengan AC yang dibandrol dengan harga yang sangat murah. Kalau kamu tidak yakin dengan merk AC yang super murah, sebaiknya tunggu dulu sampai budgetmu benar-benar cukup untuk membeli AC yang berkualitas.

Bagaimana, kamu sudah memiliki gambaran untuk membeli AC yang sesuai dengan kebutuhan rumahmu? Setelah kamu memutuskan untuk membeli AC tersebut, kamu bisa panggil Tukang.com untuk membantu memasangnya di rumahmu. Pilih spesialisasi AC, ya!