Jenis jenis tang yang perlu kamu ketahui
17 June 2019
#Tips

Tang merupakan salah satu alat perkakas yang sering sekali digunakan dalam dunia teknik. Namun ada banyak sekali macam-macam jenis dari tang tersebut yang perlu kita ketahui. Perlu di ketahui juga fungsi dari berbagai jenis tang tersebut yang belum kita ketahui. Oleh karna itu saya akan membahas mengenai berbagai macam jenis tang.

1. TANG KOMBINASI

Tang kombinasi merupakan jenis tang yang sering digunakan dalam bidang teknik listrik karena kegunaanya yang multifungsi maka tang ini dinamakan tang kombinasi. Tang kombinasi ini dapat berfungsi sebagai pemotong kabel, pengupas kulit kabel, maupun melilit kabel.

 

2. TANG CUCUT

Tang cucut merupakan jenis tang yang sering di gunakan dalam teknik listrik pula. Kalau dilihat dari bentuknya yang mirip dengan ikan cucut maka jenis tang ini biasa disebut dengan tang cucut. Tang ini dapat berfungsi sebagai pemotong kabel dan juga penjepit kabel.

 

3. TANG POTONG

Tang potong merupakan jenis tang yang sering digunakan dalam teknik listrik pula. Yang berfungsi khusus untuk memotong kabel maupun mengupas kulit kabel. Dikarenakan jenis tang tersebut di desain tajam.

 

4. TANG SNAP RING

Tang snap ring ini memiliki 2 jenis model ada yang ujungnya lurus dan ada yang ujungnya berbelok kebawah. Tang snap ring ini biasanya digunakan untuk membuka ring pengunci atau biasa disebut dengan SPY.

 

5. TANG CRIMPING

Tang crimping merupakan jenis tang yang sering digunakan dalam pekerjaan-pekerjaan arus lemah kelistrikan Seperti pekerjaan Lan internet dan telpon. Fungsi utama dari tang crimping ini adalah menyambungkan kabel internet atau telpon pada konektor (contohnya RG45) selain itu pula dapat mengupas dan memotong kabel telpon atau internet.

 

6. TANG PRESS SKUN

Tang press skun merupakan jenis tang yang sering di gunakan dalam kelistrikan. Fungsi dari tang press ini adalah untuk mengoneksikan sebuah kabel dengan skun kabel dengan cara di jepi atau di tekan (press).

 

7. TANG RIVET

Tang rivet ini biasa digunakan dalam pembuatan lemari,rak, maupun mabel khususnya yang terbuat dari seng ataupun stanless. Fungsi dari tang ini adalah untuk menancapkan atau menembakan paku rivet terhadap objek yang di inginkan.

 

8. TANG KAKATUA

Tang kakatua ini memiliki bentuk seperti paruh burung kakatua maka dari itu tang ini dinamakan tang kakatua. Fungsi dari tang ini adalah untuk memotong kawat dan juga dapat mencabut paku.

 

9. TANG BUAYA

Tang buaya inimemiliki bentuk seperti moncong buaya, Oleh karna itu tang ini disebut dengan tang buaya. Tang jenis ini berfungsi untuk menjepit suatu benda yang bulat seperti MUR dan kepala BAUT. Mulut dari tang ini dapat di atur besarnya dengan cara memutar setelan yang ada di belakangnya.

 

10. TANG SLIP JOINT

Tang slip joint merupakan tang yang mirip dengan tang kombinasi akan tetapi tang jenis ini tidak tersedia untuk memotong. Tang ini dapat berfungsi sebagai pemegang atau penjepit pada benda kerja.

 

11. TANG KRONE

Tang krone sering digunakan dalam pekerjaan instali arus lemah yaitu Lan telpon. Tang krone ini berfungsi untuk memasang atau mengkonek kabel telpon pada terminal LSA telpon.

 

12. TANG SKUN HIDROLIK

Tang jenis ini sering digunakan dalam bidang kelistrikan. Secara fungsional tang jenis ini sama dengan tang press skun. Akan tetapi dalam penggunaanya berbeda bila tang skun hidrolik ini khusus untuk memasang skun kabel yang besar saja seperti pada panel tegangan tinggi. Cara penggunaaanya adalah dipompa dalam proses press skunya.

 

13. TANG AMPERE

Tang ampere merupakan salah satu kategori tang juga walaupun kegunaan tang ini adalah untuk membaca besaran arus atau beban listrik yang terpakai atau mengalir.

 

sumber: indotecnical