Tips Mencegah Talang Air tidak tersumbat
24 November 2018
#Tips

Permasalahan yang sering terjadi pada talang adalah penumpukan daun-daun, debu, dan kotoran lain yang terbawa angin sehingga dapat menimbulkan penyumbatan. Ujung-ujungnya, air hujan akan menggenang sehingga dapat menyebabkan korosi pada talang logam, lapuk pada talang kayu, atau bahkan jebolnya talang.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, talang perlu dirawat secara teratur. Dikutip dari berbagai sumber, cara yang umum dilakukan untuk membersihkan dan merawat talang adalah sebagai berikut:


1. Membuang Kotoran yang Menumpuk Secara Berkala
Buanglah kotoran-kotoran yang terkumpul di talang, seperti dedaunan. Anda dapat menggunakan sekop plastik kecil untuk mempermudah pekerjaan ini.
Jika hendak menyekop, mulailah dari lubang saluran yang mengalirkan air ke bawah, kemudian bergerak menjauh dari titik ini. Agar tidak perlu bekerja dua kali membersihkan kotoran yang berjatuhan di teras atau halaman, gunakan ember plastik untuk menampung dan membawanya turun.


2. Menyemprot Talang dengan Selang
Setelah semua kotoran dibersihkan, semprotkan air pada talang dengan menggunakan selang. Alirkan air di sepanjang saluran, hingga ke pipa yang mengarah ke bawah. Akan lebih baik jika selang yang digunakan dilengkapi dengan pengatur tekanan yang dapat dinyalakan dan dimatikan. Apabila perlu, boleh juga menggosok talang dengan sikat sembari menyemprotkan air.

3. Keluarkan Penyumbat Dari Dalam Pipa
Jika air tidak mengalir dengan lancar di dalam saluran pipa yang mengarah ke bawah, itu berarti ada kotoran yang menyumbatnya. Cobalah menyemprotkan air dengan tekanan yang cukup besar untuk mendorong keluar penyumbat tersebut.
Jika cara di atas tidak berhasil, mungkin Anda perlu menggunakan alat bantu untuk menarik atau mendorongnya. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan penggerek yang biasa dipakai para tukang ledeng, yang kerap disebut auger atau drain snake.

Nah, untuk bala bantuan bisa panggil tukang.com via aplikasi loh. Pilih layanan atap ya!