Alat-alat yang harus dimiliki di Toolboxmu
07 October 2019
#Tips

Peralatan perkakas tukang ternyata merupakan hal yang wajib dimiliki di setiap rumah. Ini merupakan hal yang penting karena bila terjadi keadaan darurat hal yang berbau sipil dirumah kamu, kamu dapat memperbaiki nya segera. Semisal, pintu tiba-tiba terkunci dari dalam, maka kamu membutuhkan obeng, tang bahkan sampai palu jika diperlukan untuk menjebol kunci, atau butuh menambah frame foto untuk digantung, maka dibutuhkanlah paku dan palu sebagai solusi. Kejadian simpel itulah yang sekiranya masih bisa diatasi sendiri. Apalagi bila kejadiannya terjadi ditengah malam, maka kebutuhan perkakas itu yang menjadi semacam P3K untuk keperluan sipil dirumah.

Nah, jadi kepikiran kan, apa ada ya obeng dirumah, atau punya tang nggak sih dirumah? Perlu punya nggak sih? Di tips tukang.com kali ini akan memberikan list apa-apa aja sih yang perlu dimiliki di toolbox rumah kamu.

1. Palu
Palu memiliki fungsi untuk memukul, seperti contoh untuk memukul paku ke dinding. Palu memiliki 2 jenis, yaitu palu dengan pemukul saja dan palu dengan pemukul dengan pencabut paku disisi lainnya. Jangan lupa siapkan stok paku nya juga ya, sesuaikan ukurannya dengan dinding rumahmu apakah beton atau bata. 

2. Tang
Fungsi tang untuk membantu memotong, menjepit, mencabut paku atau kawat. Tang juga ada 3 jenis, yakni tang pemotong, tang penjepit dan tang pengunci. Kami sarankan punya setidaknya satu tang kombinasi, yakni yang dapat dipakai untuk berbagai fungsi. 

3. Obeng
Obeng memiliki banyak fungsi, apalagi bentuk kepala obeng yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Satu set obeng sangat diperlukan untuk kamu punyai dirumah.

4. Gergaji
Gergaji yang seperti kita ketahui adalah untuk memotong. Jenisnya juga banyak sesuai apa yang akan dipotong. Tapi yang kami sarankan untuk dimiliki adalah gergaji kayu atau gergaji besi ukuran kecil atau sedang.

5. Bor Listrik
Bor listrik dibutuhkan sekali untuk kamu memasang bracket TV, ambalan rak yang telah kamu beli dari toko furniture, maupun untuk merakit furnitur jadi.

6. Meteran Bangunan
Meteran ini penting juga untuk dimiliki dikotak perkakasmu. Sewaktu-waktu meteran ini pasti dibutuhkan untuk mengukur area yang nantinya akan kamu buat. Seperti halnya menambahkan furniture baru dengan mengukur terlebih dulu area yang tersedia sehingga terhindar dari salah ukuran.

7. Kuas
Ini berfungsi bila untuk mengaplikasikan sesuatu yang berbentuk cair seperti cat, pelapis anti bocor atau lem kayu.

8. Kunci Inggris
Ini berguna untuk membuka mur maupun untuk membuka pipa, kunci inggris juga ada 2 jenis, pilihlah yang sekiranya paling multifungsi.

9. Sekop
Buat kamu yang senang berkebun ini menjadi wajib untuk perkakas berkebunmu.

Dan yang terakhir adalah material untuk melengkapi toolboxmu. Karena selain peralatan, penting juga menyimpan stok material seperti lem kayu, lem kuning, plester putih untuk ledeng, sarung tangan, amplas, dan paku. 

Tidak ada salah nya untuk memiliki barang-barang diatas dirumah, selain untuk membantu dalam keadaan genting, bisa juga sebagai alat untuk proyek DIY (do it yourself) kamu dan keluarga. Dengan begitu bila kejadian hal yang tidak diinginkan pada tengah malam tidak perlu panik lagi mencari kesana kemari karena perkakas kamu sudah well prepared. Jangan lupa, untuk tempat penyimpanan kalau bisa disatu area ya, dan disusun dengan baik, bisa dengan box atau rak, agar pada saat pengambilan lebih mudah.

Sebagai tambahan, mungkin kamu bisa menambahkan tangga lipat di rumah. Tangga ini Berguna untuk membantu kamu memasang lampu, maupun membantu pekerjaan tukang bilaingin mencapai area yang tidak terjangkau.