8 Cara Memberikan Energi Positif di Rumahmu dengan Feng Shui
20 February 2018
#Tips

Tahun baru 2018 waktu yang tepat untuk menciptakan lingkungan yang baru dan lebih segar dirumah. Berhubung masih dalam suasana Imlek, kali ini Kangtips bakal ngebahas tentang Feng Shui yang sering dijadikan sebagai patokan dalam proses pembangunan rumah ataupun desain interior. Feng shui sendiri berfungsi untuk menyelaraskan hidup dengan lingkungan agar mencapai keseimbangan dalam hidup.

Menurut Priya Sher, konsultan desain properti spesialis Feng Shui dari London, mengatakan bahwa rumah adalah cerminan penghuninya. Jika ada bagian yang hilang, terbengkalai atau memiliki energi negatif maka hal tersebut akan tercermin dalam kehidupan penghuninya. Jadi, apa saja yang bisa kamu terapkan agar rumahmu di tahun baru ini semakin mendapatkan energi yang positif? Simak beberapa tips berikut ini.

 

1. Jaga pintu depanmu dalam kondisi prima

Pintu depan rumah mewakili kekayaan sehingga harus dijaga dan pastikan selalu dalam kondisi yang sempurna. Untuk menarik energi positif ke pintu depan, kamu bisa meletakkan tanaman yang indah dan tempelkan pada kedua sisinya.

 

2. Bersihkan lorongmu

Lorong ataupun aula yang ada dirumahmu bisa diartikan sebagai peluang. Pastikan lorongmu tetap rapi dan bersih agar energi baik bisa beredar. Kamu bisa meletakkan jaket dan sepatu di dalam lemari tertutup, sehingga tidak terjadi stagnasi energi. Selain itu, letakkan cermin dan bunga segar di lorong untuk mengaktifkan chi yang bermanfaat. Dengan adanya bunga segar juga bisa mengangkat energi yang positif lho.

 

3. Jangan biarkan kompormu terbentur dengan wastafel

Dapur adalah ruang vital karena energinya mewakili sebuah harmoni hubungan bagi penghuninya. Pastikan kamu tidak menempatkan wastafel dan kompor berseberangan satu sama lain karena dapat menyebabkan terjadinya argumen atau cek cok antara pasangan dan berakibatkan kecelakaan air dan api. Penggunaan warna di dapur juga penting untuk diingat. Kamu bisa hindari warna hitam dan merah yang dominan karena juga dapat menyebabkan kebakaran atau ‘bencana air’.

 

4. Atur furnitur ruang tamu secara optimal.

Pastikan furnitur di ruang tamu sebanding dengan ruang yang ada. Jangan memblok pintu dengan furnitur yang ada agar terasa lebih lapang . Untuk mengaktifkan energi kekayaan, kamu bisa meletakkan lampu di sudut ruangan.

 

5. Merefleksikan cahaya di ruang makan.

Dalam Feng Shui, ruang makan atau meja merupakan hal penting yang menjadi pertimbangan. Ruang makan berhubungan dengan limpa yang terhubung dengan unsur bumi. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, bumi berkaitan dengan pencernaan. Untuk mengoptimalkan energi di ruang makan, kamu bisa meletakkan cermin di dinding untuk merefleksikan meja makan dan memberikan sentuhan bunga yang segar di atas meja.

 

6. Jaga kamar tidur untuk tetap netral.

Agar tidurmu nyenyak, kamar tidur harus berwarna netral dan ringan. Usahakan tempat tidurmu memiliki headboard, posisikan headboard menempel pada dinding yang kokoh. Tempat tidur nggak harus sesuai dengan pintu kamar tidur. Kamu bisa juga menambahkan meja di samping tempat tidur pada kedua sisi tempat tidur. Gunakan lampu yang melengkung dan lilin yang sedikit fragranced di meja samping tempat tidur untuk memberikann beberapa energi romantis.

 

7. Jangan biarkan tutup toiletmu terbuka!

Selalu tutup pintu kamar mandi dan tutup toiletmu. Jaga kamar mandimu untuk tetap bersih. Kamar mandi adalah area di mana kekayaan bisa terkuras (tergantung perhitungan). Kamu bisa memberi beberapa tanaman di sini, seperti tanaman yang direndam dalam air, untuk memperlambat aliran kekayaan yang bisa terkuras habis.

 

8. Jaga taman tetap rapi dan terawat.

Taman di halaman depan mewakili masa depan kamu, jadi pastikan itu selalu tetap indah dan terawat. Tanam bunga dan tanaman yang indah dan tetap jaga agar tetap rapi. Taman belakang mewakili kesehatan dan kekayaan, jadi kamu harus pastikan juga tetap dalam kondisi baik. Pembatas, baik pagar atau dinding, harus selalu dijaga dengan baik untuk memberi dukungan kepada penghuninya.

 

Jadi, sudah siap untuk menata ulang rumahmu agar energi positif lebih terasa? :)