Cara Membersihkan Bathtub yang Tersumbat
29 March 2018
#Tips

Bathtub sangat nyaman buat kamu yang suka mandi berendam, bersantai, dan menikmati waktu pribadi kamu. Tapi, kalau bathtub sudah tersumbat, kadang emang bikin kesal. Mandi jadi nggak nyaman dan risih. Gumpalan rambut dan sisa sabun yang kelamaan menjadi salah satu penyebab tersumbatnya bathtub. Nah, kali ini Kangtips mau berbagi tips agar kamu bisa membersihkan bathtub yang tersumbat. Berikut cara-cara yang bisa kamu terapkan.

 

1. Kamu bisa gunakan tongkat pembersih untuk mengambil kotoran yang tersangkut pada saluran bathtub.

Pertama, buka saringan yang ada terlebih dahulu secara manual ataupun dengan obeng jika saringan memiliki sekrup. Lalu, lepaskan tutup saluran air. Beberapa saluran air memiliki penutup, berbeda dengan saringan, dan tutup ini juga terletak di dalam saluran air. Tutup ini lebih mudah dilepaskan karena tidak ditahan dengan sekrup. Kedua, buang timbunan kotoran yang ada di sekitar saringan dan tutup saluran air. Langkah selanjutnya kamu bisa memasukkan tongkat pembersih ke dalam saluran air. Tongkat yang sudah dimasukkan akan menyentuh bagian pipa yang melengkung. Tongkat pembersih yang lentur dan akan ikut melengkung. Kemudian kamu bisa tarik tongkat pembersih keluar. Ujung tongkat mempunyai banyak kait, sehingga kotoran atau gumpalan rambut akan lebih mudah untuk ditarik keluar. Jangan lupa untuk periksa aliran bathtub untuk mengetahui apakah masih tersumbat atau tidak. Jika sudah mengalir, kamu bisa memasang tutup saluran air kembali dengan cara yang sama seperti melepaskannya di awal. Jika belum berhasil juga, kamu bisa menggunakan cara lainnya.

 

2. Kamu bisa menggunakan bahan kimia.
Bahan kimia seperti kalium hidroksida atau asam sulfat akan membuka saluran air yang tersumbat. Pastikan produk tersebut sesuai dengan saluran air yang ada. Jangan lupa untuk membeli produk yang ditujukan khusus untuk bathtub dan baca petunjuk penggunaan. Semua pembersih saluran air mungkin memiliki panduan penggunaan yang sedikit berbeda. Sebelum menggunakan bahan kimia, jangan lupa untuk membuang air yang tergenang terlebih dahulu jika ada. Lalu tuangkan dengan hati-hati cairan pembersih ke dalam saluran air sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Tunggu selama 20-30 menit agar bahan kimia tersebut bekerja. Kemudian, bilas saluran air dengan air dingin. Saluran akan segera lancar kembali.

 

3. Menggunakan Penyedot Toilet
Langkah pertama, kamu bisa gosok saringan atau tutup saluran air untuk menyingkirkan kotoran yang ada terlebih dahulu seperti sisa sabun dan rambut. Jangan lupa untuk melepaskan sekrup pada saringan dengan obeng yang sesuai dan mengangkat tutup saluran air. Lalu, isi bathtub dengan air beberapa cm. Air dibutuhkan oleh penyedot toilet untuk bisa mengisap kotoran yang ada. Langkah selanjutnya, letakkan corong penyedot toilet di atas saluran air, kemudian tekan dan lepaskan dengan cepat. Ada kemungkinan air kotor dan kotoran akan mengalir keluar dengan cepat dari saluran air saat kamu menyedotnya. Jika belum ada kotoran yang keluar dari dalam saluran air, kamu harus berusaha lebih keras lagi hingga air bisa mengalir melalui saluran air.

 

4. Hubungi Tukang Ledeng Profesional
Jika saluran airmu belum lancar juga dengan 3 cara di atas, ada baiknya memanggil tukang ledeng profesional yang sudah mengerti seluk beluk permasalahan saluran air. Apalagi kalau sudah berkaitan dengan bahan kimia, bisa berbahaya jika mencampurkannya dengan cara yang salah. Untuk tukang ledeng profesional, kamu bisa panggil tukang dengan mudah, cepat, aman, dan terpercaya dengan Tukang.com.

Saluran air tersumbat? Udah, panggil Tukang.com aja!