Mengenal Perbedaan Cat Interior dengan Cat Exterior
14 October 2018
#Tips

Cat adalah faktor penting dalam arsitektur bangunan ataupun interior ruang. Cat menjadi elemen penting dalam memberi sentuhan akhir suatu gaya atau suasana. Dan perlu diketahui bahwa cat pada arsitektur bangunan maupun interior ruang adalah 2 hal yang berbeda sifat namun memiliki 4 zat penyusun yang sama hanya kadar penggunaannya saja yang berbeda.

Kesamaannya adalah semua cat mengandung 4 zat penyusun yaitu :

  1. Pelarut biasanya berupa air (untuk cat lateks) atau cairan mineral (untuk cat minyak). Fungsi pelarut adalah untuk mencairkan dan melarutkan komponen-komponen penyusun cat. Cat berkualitas rendah biasanya memakai pelarut dalam jumlah yang lebih banyak. Sifat pelarut lainnya adalah bisa menguap sehingga cat mengering, dan menyisakan resin, aditif, dan pigmen di dinding.
  2. Resin berfungsi sebagai pengikat pigmen (warna) agar melekat di dinding. Bahan pembuat resin ini adalah akrilik, epoxy, atau silikon.
  3. Aditif adalah suatu bahan kimia tambahan untuk melindungi properti dengan media cat. Beberapa zat aditif juga berfungsi mencegah jamur dan membuat cat tidak cepat memudar. Selain itu, aditif ini juga sanggup menjadikan permukaan cat bisa dibersihkan dan mendukung proses pengecatan agar lebih gampang
  4. Pigmen ditambahkan untuk memberikan warna pada cat. Bentuk dari pigmen ini adalah bubuk dan tidak larut. Pigmen warna akan menempel ke dinding karena adanya resin di dalam cat.

Untuk kangtips kali ini mencoba menjabarkan apa perbedaan kedua cat tersebut, agar membantu anda dalam memilih cat yang akan anda gunakan untuk memperindah rumah kamu.

Perbedaan Cat Interior ( indoor ) dan Cat Exterior ( Outdoor )

  1. Cat interior diformulasikan untuk warna juga lebih kuat untuk beberapa tahun kedepan, mudah dibersihkan juga tahan goresan.
    Cat exterior diformulasikan lebih tahan terhadap cuaca, anti jamur dan tidak cepat memudar

     

  2. Cat interior dapat dilihat dari kehalusan penampilan lapisan cat dan warnanya. Tergantung dari bahan dasar air atau minyak yang lebih banyak digunakan, untuk menciptakan cat yang mudah dibersihkan pakai cat yang berbahan dasar minyak, sedangkan yang untuk menciptakan 2 tampilan kilapnya doff atau semi gloss adalah cat berbahan dasar air.
    Cat exterior lebih kepada teknologi dalam hal men-cover dinding tembok luar lebih tahan cuaca dari terpaan sinar matahari, hujan dan perubahan suhu. Serta memiliki daya rekat yang kuat agar tidak mudah mengelupas dan mencegah air rembesan hujan masuk kedalam dinding yang dapat berpengaruh terhadap dinding dalam rumah anda

     

  3. Cat interior tidak bisa dipakai untuk cat exterior


    Sebaliknya cat exterior dapat digunakan untuk cat interior namun pastinya biayanya akan jauh lebih mahal.

 

Dari semua penjelasan diatas penting untuk memilih cat apapun fungsi nya itu carilah cat yang bebas kandungan logam ya. Memang harga jauh lebih mahal tapi secara kualitas dan dari segi kesehatan lebih baik pastinya. Jangan lupa bangun rumahmu bareng Tukang.com, yaa!