AC juga butuh perawatan, lho!
01 January 2019
#Tips

Selain harus rutin membersihkan AC minimal 3 bulan sekali, AC mu juga butuh perawatan ekstra loh. Dan ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Simak tipsnya berikut, ya!

 

1. Bersihkan Bagian Filter

Bisa dibilang filter adalah bagian yang paling sering kotor. Inilah tempat menumpuknya debu yang disaring oleh AC. Kotoran yang tidak dibersihkan akan membuat AC bekerja lebih keras. Fungsi AC pun akan berkurang. AC juga menjadi lebih cepat rusak. Karena itu, membersihkan bagian filter secara rutin akan selalu menjadi bagian penting dalam tips merawat AC.

2. Bersihkan Kumparan AC

Bukan hanya filter saja yang perlu dibersihkan. Kumparan AC juga perlu dibersihkan. Sangat mungkin debu juga menumpuk di sini. Bagian kumparan yang tak dibersihkan akan mengganggu kemampuan AC dalam menyerap panas. Namun berbeda dengan filter, bagian ini tidak perlu dibersihkan secara rutin. Membersihkannya setiap 1 tahun sekali juga sudah cukup.

3. Hindari Merokok di Ruangan Yang Menggunakan AC

Asap dari rokok dapat membuat AC lebih cepat kotor, dan manjadikan warna cover indor berubah dari aslinya. Tentunya ini dapat menganggu pemandangan yang tadinya bersih menjadi sedikit dekil.

Lebih parahnya lagi nikotin yang terkandung dalam asap rokok tersebut bisa mengendap pada evaporator. Sehingga udara pun menjadi pengap dan dingin yang dihasikan AC menjadi kurang maksimal. Oleh sebab itu hindarilah merokok di ruangan ber-AC karena ini bagian dari tips merawat AC.

4. Tutup Pintu, Jendela dan Ventilasi Udara Saat AC dinyalakan

AC khusus digunakan untuk ruangan tertutup, sehingga usahakan untuk menutup semua pintu atau jendela ketika AC dinyalakan. Dengan begitu, dingin dari AC akan terfokus pada ruangan tersebut, sehingga waktu yang dibutuhkan mesin kompresor untuk mengkondisikan ruangan tidak terlalu lama.

Tentunya ini juga dapat meringankan tugas mesin kompresor, yang artinya AC akan menjadi lebih awet dan mencegah kerusakan lebih dini.