Tips Merawat Furnitur Rotan
15 April 2019
#Tips

Tips Merawat Furnitur Rotan

Furnitur adalah salah satu barang yang sangat penting dalam sebuah rumah, selain dapat berfungsi untuk duduk, tidur ataupun menyimpan barang, kehadiran furnitur juga dapat mempercantik tampilan rumah.

Berbicara mengenai furnitur, tahukah Anda ternyata saat ini banyak furnitur dibuat dari bahan baku rotan. Indonesia memang menjadi salah satu negara penghasil rotan, makanya tak heran banyak pengrajin di sini yang memanfaatkan bahan baku ini untuk dibuatkan furnitur.

Bagi Anda yang memiliki furnitur rotan, jangan biarkan furnitur kesayangan Anda menjadi rusak. Agar kualitas rotan tetap terjaga ada baiknya jika Anda melakukan beberapa tips di bawah ini :

Jangan Terkena Sinar Matahari dan Air Hujan  

Sebaiknya jangan taruh furnitur rotan Anda tepat di bawah terik sinar matahari, karena hal ini akan membuat rotan menjadi kusam. Begitu juga hindari dari air hujan karena akan membuat furnitur menjadi berjamur dan mudah rusak.

Bersihkan dengan Air

Jika rotan furnitur Anda kotor cara membersihkannya sangat mudah, Anda hanya menyiapkan air bersih dan kain bersih kemudian bersihkan kotoran tersebut dengan menggunakan air bersih dan kain secara berkala disarankan hal ini dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Pakai Kamper untuk Menghilangkan Rayap

Agar rotan furnitur tidak rusak oleh rayap disarankan anda menggunakan kamper yang dicampurkan dengan minyak tanah, semporotkan larutan kamper dan minyak tanah pada rotan, hal ini sangat ampuh untuk mengusir rayap.

Pakai Wax Polish

Agar terlihat lebih mengkilap. Ada baiknya jika Anda juga menggunakan wax polish atau polis lilin. Caranya cukup sederhana Anda tinggal menyemprotkan cairan wax di permukaan furnitur rotan dengan merata.