10 Macam Jenis Tanaman Hias Populer
03 November 2021
#Tips

1. Kaktus

Kaktus termasuk yang digemari oleh sebagian besar masyarakat Tanah Air. Sebab cocok dipajang sebagai hiasan di meja kerja atau meja belajar. Apalagi kaktus termasuk tanaman yang baik bertahan di iklim tropis. Perawatannya mudah, tak perlu sering menyiram, cukup seminggu sekali. Serta menerima sinar matahari.

Kaktus merupakan tanaman hias yang bertahan hidup di lingkungan kering dan panas. Pastikan mengganti pupuk saat pergantian pot rutin demi menjaga kualitas.

 

2. Lidah Mertua

Bentuknya yang panjang dan menggambarkan seperti mertua yang cerewet diduga menjadi alasan pemilihan nama dari tanaman hias yang satu ini. Tanaman dengan harga yang cukup tinggi ini banyak diburu oleh pecinta tanaman hias karena bentuknya yang unik. Semakin unik dan langka jenis tanamannya, harga di pasaran lidah mertua pun akan semakin mahal.

 

3. Puring

Tanaman yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi ini biasa ditemukan di perumahan-perumahan mewah. Berikut jenis tanaman puring yang paling banyak dicari orang;

  • Red Apple
  • Oscar
  • Puring Anting Raja
  • Logam
  • Puring Arjuna
  • Puring Asmara Jingga
  • Puring Kura

 

4. Spider Plant

Untuk kamu yang memiliki lahan terbatas, tanaman hias daun kecil yang satu ini sangat cocok untuk menghiasi ruangan di rumah karena ukurannya yang mini. Tanaman asli Afrika ini sangat mudah dipelihara dan dijamin bisa memperindah tampilan ruangan dengan bentuk daunnya yang terkesan unik.

 

5. Monstera

Ngaku deh, bagi kalian penggemar tanaman hias, gak mungkin kan enggak kenal sama yang ini? Memiliki bentuk daun yang unik, monstera adalah primadona tanaman hias yang wajib menghias rumahmu. Tanaman monstera sangat cocok untuk rumah-rumah bergaya desain minimalis hingga Skandinavia.

 

6. Kadaka

Kadaka atau sering disebut sebagai pakis sarang burung ini memiliki daun yang tebal dan bisa ditemukan di hutan. Dahulu, tanaman ini dianggap tidak berharga karena kerap dianggap sebagai hama, namun sekarang tanaman ini cukup laris di pasaran karena tampilannya yang unik. Jenis yang paling populer meliputi;

  • Kadaka keriting
  • Kadaka Osaka
  • Kadaka ular

 

7. Suplir

Tanaman ini mampu membuat suasana ruangan menjadi lebih menyegarkan karena tampilannya yang cantik. Meskipun terkesan memanjakan mata, tanaman ini cukup sulit dirawat. Pasalnya suplir membutuhkan lingkungan yang tidak kering serta udara yang bersih untuk tumbuh dengan baik. Hmm. mimin jadi inget nih, dulu zaman kecil agak aneh melihat tanaman ini. Apalagi pas tahu namanya. Hehe

 

8. Gelombang Cinta

Ada yang masih ingat, dulu tanaman ini juga sempat menjadi primadona? Makin besar ukurannya, semakin mahal harganya. Karena, untuk melihat Gelombang Cinta tumbuh besar membutuhkan waktu yang cukup lama. Nah, sesuai dengan namanya, tanaman hias ini memiliki karakteristik daun yang bergelombang. Tanaman ini sangat cocok dimanfaatkan untuk menghias sudut-sudut rumah.

 

9. Sirih Gading

Sirih gading adalah tanaman hias daun lainnya yang bisa dijadikan pertimbangan. Daunnya yang tumbuh merambat membuat tanaman ini sangat cocok ditempel di dinding atau dijadikan tanaman gantung. Ruangan akan terasa lebih segar dengan kehadiran sirih gading.

 

10. Sri Rejeki

Sekilas jika mendegar nama ini mungkin bagi sebagian orang teringat akan nama bus kota. Betul sih, tapi kali ini mimin akan bahas tentang tanaman. Sri Rejeki atau Aglaonema adalah tanaman hias daun yang cukup populer di Indonesia. Umumnya, tanaman ini tak tahan terhadap sinar matahari langsung sehingga lebih sering dijadikan hiasan untuk di dalam ruangan. Salah satu alasan mengapa tanaman hias daun ini digemari adalah kepercayaan masyarakat yang percaya bahwa tanaman ini bisa membawa keberuntungan.

Nah, itulah beberapa jenis tanaman hias yang bisa menjadi referensimu untuk memulai menanamnya di rumah. Atau mungkin jika kamu butuh asupan referensi lain atau mungkin kamu ingin menanamnya di rumah namun tidak mempunyai banyak waktu, kamu bisa pesan layanan Tukang.com dengan memilih spesialisasi Taman.

 

Selamat mencoba!