Dak bocor? Bagaimana cara mengatasinya?
21 January 2019
#Tips

Musim hujan telah tiba dan baru tahu kalau dakmu bocor? Jangan panik, saat hari cerah, kamu bisa lakukan ini di rumah:

 

1.  Jika yang retak adalah plesteran saja, cukup lapisi lagi dengan menggunakan adukan semen untuk pelesteran, lalu gunakan waterproofing yang terbuat dari bahan polyurethane (PU).

Jangan menggunakan waterproofi ng berbasis semen karena jika terekspos matahari, semen mudah retak. Jika hanya sedikit yang retak, Anda bisa menutup area retaknya saja dengan menggunakan bantuan kassa dan waterproofing.

2.  Jika retak sudah mencapai beton, maka beton harus “disembuhkan” terlebih dahulu dengan menutup retakan itu. Beberapa kontraktor menyarankan untuk menggunakan adukan beton yang dicampur dengan cairan aditif sehingga dapat masuk ke celah yang retak. Namun sebaiknya gunakan bahan khusus pengisi retak beton yang biasanya dibuat dari material epoxy.

3.  Agar cairan bisa masuk, gunakan gerinda untuk membentuk “corong” di mulut retakan. Jangan membobok beton dengan palu karena retak bisa bertambah lebar. Setelah tertutupi, lapisi lagi dak dengan waterproofing, lalu lapisi dengan plesteran.

 

Agar hasil kerjamu lebih baik atau mungkin kamu merasa kesulitan, boleh kok minta bantuan Tukang.com. Pilih spesialisasi atap.